PEMBAKAR HUTAN = PEMBUNUH MASSAL

Pembakar Hutan - Kampanye

Pembakar Hutan

Luas areal hutan dan lahan yang terbakar di Sumatra dan Kalimantan mencapai 33.977,25 hektare dengan jumlah kasus kebakaran lahan dan hutan sebanyak 131 kasus dan 27 tersangka korporasi (dikutip dari: kabar24.bisnis.com). Betapa luasnya areal hutan yang terbakar, eh dibakar deng. Tanpa memerhatikan dampak yang terjadi akibat pembakaran hutan tersebut, para pembakar hutan, terutama korporasi, membakar hutan tentu dengan maksud membuka lahan untuk dijadikan perkebunan kelapa sawit salah satunya. Padahal sebenarnya ada cara yang lebih baik dalam membuka lahan, tanpa harus membakarnya. Tapi memang cara yang baik tersebut membutuhkan biaya yang lebih besar dan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan membakar.

Sudah pasti mereka membakar hutan dengan maksud meminimkan biaya dan berharap meraup keuntungan sebesar-besarnya. Hanya demi keuntungan mereka memilih membakar hutan yang jelas-jelas sangat merugikan, terutama merugikan warga yang tinggal di sekitar hutan. Bahkan asapnya bisa sampai ke negara tetangga. Bayangkan asap yang sangat tidak sehat akibat pembakaran hutan itu dihirup berhari-hari, bahkan berminggu-minggu, oleh warga di sekitarnya. Jelas sekali penyakit pernapasan sudah menjangkiti warga tersebut. Dan ini kasus yang terus terulang setiap tahunnya. Artinya pemerintah, dalam hal ini penegak hukum, belum secara tegas menindak para pelakunya, tidak ada efek jera. Dan yang lebih penting lagi sebenarnya adalah mencegah. Ya…seharusnya para penegak hukum bisa mencegah pembakaran hutan yang bisa dibilang sudah dalam tahap darurat. Atau paling tidak meminimalisir terjadinya pembakaran hutan. Pengawasan lebih ditingkatkan.

Tentu tulisan ini bukan bermaksud menghakimi atau menyudutkan salah satu atau beberapa pihak yang berwenang. Tulisan ini sekedar ungkapan hati seorang pengusaha UKM yang peduli terhadap alam dan lingkungan. Ya…saat ini yang bisa saya lakukan hanya menulis, sebagai kritik yang membangun bagi pihak yang terkait. Dan berdoa pastinya, agar para pelakunya sadar, dan tidak melakukannya lagi. Dan semoga warga yang menjadi korban, yang menghirup asap hasil bakaran hutan tersebut diberi kesabaran, dan yang terjangkit penyakit semoga lekas sembuh. Aamiin… Sekian😉

2 thoughts on “PEMBAKAR HUTAN = PEMBUNUH MASSAL

  1. pembakaran hutan memang cara murah tuk buka lahan tapi itu merupakan cara paling bodoh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s