Mengatasi Smartphone/Tab Android yang Bootloop (kasus Lenovo IdeaTab A3000)

Beberapa hari lalu Tab (Android) saya mengalami bootloop, yaitu kondisi di mana Android tidak bisa start/restart, hanya muncul logo. Tab milik saya bermerek Lenovo IdeaTab A3000 (googling saja jika ingin tahu spesifikasinya). Hal itu (bootloop) terjadi setelah menghapus perbincangan (delete conversation) di salah satu group Whatsapp. Pada saat proses delete, tiba-tiba Tab ‘nge-hang’. Saya pun panik, karena Tab tersebut saya gunakan untuk keperluan bisnis saya. Banyak data dan nomor kontak customer maupun vendor. Saya tunggu keadaan ‘hang’ Tab saya itu, berharap bisa kembali normal dengan sendirinya. Lama saya tunggu, ternyata keadaan ‘hang’ tadi belum juga bergeming. Akhirnya saya ambil tindakan untuk me-restart paksa dengan menekan tombol Power agak lama (hold). Alhasil, bukannya sembuh malah Bootloop (layar mati, kemudian muncul logo). Awalnya saya menganggap sudah sembuh, karena sudah restart. Tapi ternyata berhenti cuma sampai logo tadi. Saya masih berharap bisa kembali normal dengan sendirinya. Oleh karena itu, saya kembali menunggu keadaan di ‘logo’ tadi. Saya tinggal mandi. Seusai mandi, ternyata kondisinya masih di ‘logo’. Damn! Panik pun mulai melanda saya (haha…lebay). Langsung saja saya browsing mencari info mengenai cara mengatasi bootloop. Beberapa link pun saya buka dan baca dengan seksama.

Akhirnya, ada satu link, sebuah blog, yang berisi tentang cara mengatasinya. Saya coba mengikuti tahap-tahapnya. Cara pertama tidak berhasil. Saya pun mencoba cara lainnya. Yaitu, dengan mencolokkan kabel data (menghubungkan PC dengan Tab). Dan…ajaib…Alhamdulillah Tab saya otomatis me-restart, dan bisa beroperasi seperti sedia kala, tanpa ada kehilangan data apapun. Setelah saya coba gunakan, buka lock, dan mencoba beberapa aplikasi messenger, Alhamdulillah bisa beroperasi, meskipun awalnya agak berat (nge-lag).

Entah mengapa hal itu (bootloop) bisa terjadi pada Tab saya. Mungkinkan RAM-nya tidak kuat karena terlalu banyak aplikasi yang aktif? Jika ada dari teman-teman yang mengetahui penyebabnya, mohon infonya dengan meninggalkan komentar di blog saya ini, agar teman-teman yang lain yang pernah maupun yang belum mengalami permasalahan tersebut bisa mengantisipasinya agar di kemudian hari tidak terjadi (lagi).

Ini hanya salah satu cara mengatasi smartphone/tab android yang mengalami bootloop. Apabila setelah mencoba cara di atas belum juga sembuh, silakan browsing mencara cara lain. Apabila ragu silakan datangi service center terdekat di kota Anda. Sekian share dari saya, semoga bisa bermanfaat… *cheers😀

6 thoughts on “Mengatasi Smartphone/Tab Android yang Bootloop (kasus Lenovo IdeaTab A3000)

  1. link tutorial nya dong

  2. alamat tutorialnya apa

  3. Waktu dicolokin ke pc nya langsung restart ga? Kok yang saya malah layrnya hitam saja?

    • Iya otomatis langsung restart sendiri. Tapi itu sebenernya hanya sementara. Jadi setelah sembuh baiknya segera lakukan back-up data, dan bersih2 aplikasi, jangan sampai memberatkan RAM

Leave a Reply

