Tidak bisa membuka file dengan format PNG di Photoshop?

Sekedar berbagi informasi tentang apa yang pernah saya alami beberapa hari lalu. Ada customer saya yang mengirimkan file gambar untuk dicetak di Tumbler. File gambar yang dikirimkan dalam format PNG. Seharusnya format tersebut bisa dibuka di program desain seperti Photoshop, Illustrator, atau Corel Draw. Namun, yang terjadi, begitu saya coba buka file tersebut dengan Photoshop, tidak bisa! Ada peringatan: “Cannot complete your request because the file-format module cannot parse the file.”
Photoshop errorLalu saya coba buka dengan program lainnya, yaitu dengan Illustrator dan Corel Draw. Tetap tidak bisa dibuka file tersebut, tanpa adanya peringatan seperti di Photoshop. Awalnya saya ingin langsung menghubungi customer saya untuk mengirimkan ulang file gambarnya. Namun, saya penasaran untuk mencoba mengatasinya sendiri terlebih dahulu, apabila tetap tidak bisa baru saya hubungi customer saya.

Saya mulai “googling” untuk mencari solusinya. Pertama saya “googling” dengan kata kunci bahasa Indonesia, tapi ternyata belum ada yang mengulas tentang permasalahan yang saya hadapi itu. Kemudian saya coba “googling” dengan kata kunci bahasa Inggris. Dan akhirnya saya menemukan sebuah forum yang membahas permasalahan yang saya alami, namun saya lupa url address-nya, lupa mencatat dan mem-bookmark-nya. Tapi inti dari solusinya saya dapatkan, dan masih saya ingat.

Jadi, dalam forum tersebut dibahas tentang permasalahan yang sama persis saya alami. Salah satu member dalam forum tersebut menyarankan untuk membuka file gambar (PNG) tersebut dengan program Paint (Start-Accessories-Paint). Di setiap PC/Laptop/Netbook yang di-install dengan sistem operasi Windows pasti ada program Paint-nya. Setelah saya coba buka file gambar tersebut, dan ternyata berhasil…hehe… *girang*. Akhirnya… Setelah terbuka, simpanlah (Save As) file gambar tersebut dengan format TIFF. Lalu, saya coba buka file gambar yang sudah saya resave dengan format TIFF tadi di Photoshop. Dan berhasil…trust me, it works!😀

Sekian dan selamat mencoba😀

Oya, saya belum tahu penyebabnya, mengapa file PNG tersebut tidak bisa dibuka di Photoshop/Illustrator/Corel Draw (dan mungkin juga tidak bisa dibuka di program desain lainnya). Jika Anda ada yang mengerti penyebab permasalahan ini mohon dishare di sini, agar kita semua bisa memahaminya. Sehingga kasus tersebut tidak perlu terulang kembali di kemudian hari. Terimakasih😀

16 thoughts on “Tidak bisa membuka file dengan format PNG di Photoshop?

  1. png gak bisa kebuka di ps karena file aslinya bukan png atau bukan hasil edit/export file aslinya ke .png dgn program, contoh file itu gak bs dibuka karena si file aslinya yg jpg di rename jadi .png kalo misal kan di rename lg jd jpg nanti bs kebuka . setau gw si gitu ,,,,,

  2. wiiiiiiiiiiihhhh good job, bermanfaat sekali😀 thanks yaa!!

  3. terima kasih.🙂

  4. sangat bermanfaat sekali terima kasih banyak..

  5. Boleh saya bantu berdasarkan pengalaman :
    PNG tidak support 32Bits/channel

    Jadi solusinya :
    pada menu PS : cari Image – Menu – Rubah menjadi 16Bits/channel

    Coba save bro … Semoga membantu

  6. working, terima kasih bos….

  7. working!, terima kasih bos…

  8. Makasis kak, jadi bisa buka file nya

Leave a Reply

