Mengenal Positive Thinking dan Negative Thinking

Positive ThinkingMengenal sesuatu bukan hanya untuk dicintai atau disukai, tetapi juga bisa sebagai referensi untuk waspada atau menghindari sesuatu. Begitu dahsyatnya dampak dari berpikir positif maupun negatif terhadap kita. Karena pikiran bawah sadar kita akan merekam semua yang terlintas di pikiran kita tanpa menyaringnya. Dan suatu saat kita akan terkejut, ketika terjadi peristiwa yang ternyata berawal dari lintasan pikiran tersebut. Bernyanyi pun, jika diresapi liriknya, akan terekam oleh pikiran bawah sadar kita. Oleh karenanya berhati-hatilah dalam berpikir. Pilihlah dan biasakan menggunakan kata-kata positif. Dengarkan atau nyanyikan lagu-lagu yang positif dan memotivasi. Jadi, jika Anda sedang galau dengarkanlah dan nyanyikanlah lagu-lagu yang membangun semangat dan memotivasi, bukannya lagu-lagu cinta-cintaan yang galau. Karena pada saatnya nanti, apa yang ada di lirik lagu tersebut akan terjadi jika benar-benar diresapi dan diasosiasikan ke diri kita.

Sudah banyak sekali ulasan tentang apa itu Positive Thinking dan Negative hinking dari para motivator, inspirator, dan trainer dengan versi mereka masing-masing. Pada kesempatan kali ini perkenankan saya mengulasnya dengan perspektif saya yang sederhana sehingga mudah dipahami.

Secara sederhana Positive Thinking adalah berpikir positif yang bermanfaat bagi kita dan orang lain, sedangkan Negative Thinking adalah berpikir negatif yang merugikan kita dan orang lain. Namun, dalam prakteknya tidak sesederhana itu. Banyak orang yang keliru memahami Positive Thinking dan Negative Thinking. Hal ini diungkapkan oleh Bapak Dedy Susanto pada saat Talk Show di radio SonoraFM pada tanggal 13 Februari 2013 pukul 11.00-12.00 WIB. Talk Show tersebut bertemakan The Power of Money Magnet, yang juga merupakan judul buku dan training beliau. Beliau mengungkapkan bahwa curiga pada seseorang atau suatu kondisi belum tentu Negative Thinking. Contoh, jika kita mencurigai seseorang setelah melihat dan atau mendengar tingkah lakunya yang tidak sesuai dengan apa yang seharusnya, maka ini bukan termasuk negative thinking. Ini hal yang wajar. Respon alamiah terhadap sesuatu yang membuat kita tidak nyaman.

Kim-Kardashian-Happy-Positive-Thinking-Day-Quotes-001-491x491Lalu, yang negative thinking itu seperti apa? Seperti yang tadi saya ungkapkan bahwa negative thinking adalah berpikir negatif yang merugikan kita dan orang lain. Di level yang lebih ekstrim, mungkin negative thinking bisa disamakan dengan “paranoid”. Di mana, selalu mencurigai seseorang atau sesuatu, tanpa alasan atau bukti yang jelas. Misal, ada seseorang yang tiba-tiba mengajak makan siang bersama, padahal sebelumnya tidak pernah. Jika orang yang berpikiran positif, pasti akan menyambutnya dengan senang hati, dan dalam pikirannya “wah, pasti ada proyek besar yang mau di-share nih ke gw”. Tapi kalau yang berpikiran negatif pasti langsung mencurigainya, “wah, ada apa yah kok tiba-tiba ngajak makan bareng, jangan-jangan ada maksud tertentu nih, gw harus hati-hati nih, bla bla bla….”.

Nah, begitulah kira-kira gambaran mengenai positive thinking dan negative thinking. Yang perlu disadari adalah bahwa pikiran bawah sadar Anda akan merekam semua lintasan pikiran itu, tidak peduli apakah itu positive thinking atau negative thinking. Lalu pikiran bawah sadar akan memprosesnya untuk kemudian diwujudkan. Jadi, jika Anda ada masalah dengan pikiran Anda, selalu berpikiran negatif, berhati-hatilah. Tapi jangan khawatir, semua ada obatnya. Banyak caranya. Silakan googling saja.

Itulah ulasan singkat dari saya mengenai Positive Thinking dan Negative Thinking. Hanya sekedar berbagi (sharing) apa yang saya tahu, karena ILMU itu harus dicari (dijemput), diamalkan, dan dibagikan. Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya mengikuti suatu training (coaching), talk show, dan beberapa referensi bacaan. Mohon maaf apabila ada kesalahan, karena saya memang bukan ahlinya, hanya sekedar berbagi ILMU. Diskusi lebih baik daripada berdebat.
Salam POSITIF!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s