Apa Kontribusiku Terhadap Lingkungan?

Pernahkah terlintas di pikiran Anda “Apa kontribusiku terhadap lingkungan?”. Jika Ya, selamat, hati nurani Anda masih normal. Tapi, apakah Anda sudah menemukan jawabannya? Jika Ya, selamat, pikiran Anda masih normal. Lalu, apakah Anda sudah mengejawantahkan “jawaban” tersebut di kehidupan Anda sehari-hari? Jika Ya, selamat, hidup Anda berkah. Namun, jika jawabannya tidak, saya akan mencoba membantu Anda menemukan jawabannya.

35187_1Aa Gym pernah mengucapkan tentang 3M, yaitu Mulai dari hal kecil, Mulai dari diri sendiri, Mulai sekarang juga. 3 hal ini lah yang menjadi pedoman saya dalam memulai sesuatu yang positif. Jangan pernah memikirkan orang lain sebelum kita melakukannya. Dalam kaitannya dengan menjaga kelestarian lingkungan, mulailah dari hal sederhana. Misalnya, dengan tidak membuang sampah sembarangan, mengantongi bungkus permen dan/atau bungkus snack jika tidak ada tempat sampah di sekitar kita. Lalu, membuangnya setelah menemukan tempat sampah. Selalu membawa tempat minum (beserta air minumnya tentunya), setiap bepergian ke mana pun. Hal ini untuk meminimalisir sampah plastik (reduce). Kalau kita bawa minum sendiri, maka kita tidak perlu membeli air minum dalam kemasan plastik. Kalaupun Anda terpaksa membelinya, buanglah botol bekasnya ke tempat sampah, tapi remas terlebih dahulu botol tersebut agar tidak dipergunakan kembali oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Usahakan untuk membawa tas, kantong, atau wadah saat berbelanja. Buat apaan? Kan dikasih kantong plastik kalau belanja. Hal ini untuk meminimalisir penggunaan kantong plastik (Baca artikel saya sebelumnya tentang “10 Fakta Sampah Plastik”). Jika Anda kebetulan membawa tas saat berbelanja (pulang kantor, pulang sekolah/kuliah, dsb.), manfaatkan ruang kosong tas Anda untuk membawa barang belanjaan Anda. Dan katakan kepada petugas di kasir “maaf mba/mas, ga usah pake pastik”. Wuih, rasanya bangga bener setiap kalimat itu terucap dari mulut saya. Bagaimana dengan Anda? Cobalah!

Tas BaGoes“Ah malu bawa-bawa tas atau kantong plastik dari rumah cuman buat belanja”. Jangan khawatir, zaman sekarang banyak orang kreatif. Sudah ada tas atau kantong belanjaan yang bisa dilipat sedemikian rupa sehingga mudah dibawa (ringkas), praktis, dan tidak membuat Anda “cupu” alias tetap terlihat keren. Ini asli produksi lokal lho. Bisa kunjungi http://www.greeneration.org atau follow akun twitter @idDKP (DietKantongPlastik) untuk mencari tahu info mengenai produk ini. Jujur, ini promosi gratis dari saya, bukan saya yang jualan. Saya selalu support produk-produk asli lokal (dalam negeri), apalagi yang bermanfaat buat kelestarian lingkungan.

Kalaupun Anda lupa membawa tas/wadah/kantong belanjaan, dan dengan terpaksa Anda menggunakan plastik (kresek) pemberian penjual atau kasir, jangan langsung dibuang pastik tersebut. Simpanlah, dan gunakan kembali (reuse) untuk keperluan lain. Misal, untuk bungkus barang dagangan (jika Anda berdagang), untuk membungkus sampah rumah tangga, untuk membawa barang-barang Anda saat bepergian, dan banyak lagi. Intinya “digunakan kembali” (reuse).

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk berkontribusi terhadap lingkungan adalah mendaur ulang (recycle). Namun, ini cara yang paling sulit di antara cara-cara sebelumnya (reduce dan reuse). Karena ini membutuhkan proses yang tidak cepat. Yang pernah saya lakukan adalah mendaur ulang kertas bekas. Prosesnya cukup simpel menurut saya, dibandingkan dengan mendaur ulang sampah plastik. Bisa dilakukan oleh perorangan, dan tanpa modal besar. Cari saja tutorialnya di google atau youtube, banyak sekali. Dan ini bisa dijadikan bisnis jika Anda kreatif.

Masih banyak lagi hal-hal sederhana lainnya yang bisa Anda lakukan untuk berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan. Hal-hal tersebut di atas hanyalah yang sudah saya lakukan saat ini. Dalam memulai sesuatu yang belum banyak orang lakukan memang hal yang cukup sulit, tapi bukan berarti tidak bisa. Semua bisa, kalau kita berpikir bisa. Jangan “mikirin” orang lain terlebih dahulu. Pastikan saja Anda yang memulainya terlebih dahulu. Ingat selalu “3M” tadi, Mulai dari hal kecil, Mulai dari diri sendiri, Mulai sekarang juga!

4 thoughts on “Apa Kontribusiku Terhadap Lingkungan?

  1. thanks sharingnya masbro.. sangat inspiratif..๐Ÿ™‚

  2. Klo saya sering tuh pak buangin sampah org..bisnis tas belanja kyknya seru ya…haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s